Perbedaan Virus, Malware, Trojan, Worm, dan Spyware.

Hei sobat, bagaimana kabarnya? tentu baik saja kan? nah,, hari ini saya akan berbagi ilmu (hehe) yang mungkin belum diketahui sobat sebelumnya. Yaitu perbedaan Virus, Malware, Trojan dan sejenisnya, hehe. Saya yakin ada saja yang belum mengetahui perbedaan penyakit-penyakit tersebut. Oke langsung saja
simak :)




1. Virus

Virus sebenarnya salah satu penyakit yang dijalankan dengan bantuan Manusia. Supaya manusia mau menjalankan penyakit ini, Virus memalsukan dirinya sebagai program yang wajar seperti .doc, .jpg, .gif atau folder yang jika di klik, virus tersebut akan berjalan.

Dalam hal ini, biasanya banyak virus yang menyamar sebagai file crack, gambar porno, atau hal sejenis yang bisa menarik perhatian. 



2. Malware

Malware adalah singkatan dari Malicious Software. Malware sebenranya sama saja dengan program komputer/Software. Yang membedakannya adalah tujuan yang sangat merugikan pengguna komputer tersebut, seperti menghapus data, menhidden data, menggerogoti bandwith atau program yang lainnya tanpa seizin pemilik komputer tersebut. 



 
3. Trojan

Anda tau fil Troy? ya, seperti kuda troya yang berpura-pura sebagai program berguna seperti program crack, game, aplikasi atau program lain yang diam-diam menginstalkan dirinya pada sistem dan menjalankan kegiatan mata-mata seperti mencuri data, merekam aktivitas keyboard lalu mengirimkan ke alamat yang telah ditentukan oleh si pembuat. wah,, makannya hati-hati sob.



4. Worm

Worm sebenarnya hampir sama dengan Malware, sama-sama menlakukan aktifitasnya tanpa bantuan Manusia  Jadi jika worm sudah memasuki komputer/network, ia akan menyebar secara otomatis ke komputer lain tanpa bantuan pihak lain. Bahkan mungkin tak bisa dicegah.

Lalu, mengapa semuanya gak bikin virus aja ya? hmmm, gini.

Jika worm ingin menginfeksi pengguna lain secara otomatis, ia harus mengeksploitasi celah keamanan software (seperti Windows, Office, atau software yang umumnya populer yang menjadi sasaran). Jika celah keamanan yang dieksploitasi oleh worm untuk menyebarkan dirinya secara otomatis sudah di Patch, maka worm tersebut menjadi loyo dan tidak memiliki kemampuan menginfeksi sistem lagi. Jadi dalam sistem yang terpatch, virus malah lebih mudah menginfeksi sistem dibandingkan worm. Itulah alasannya sob.


5. Spyware

Spyware adalah program untuk memata-matai komputer korbannya. Pada awalnya spyware diciptakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan salah satu pemanfaatannya adalah menampilkan adware ( ad: iklan, ware: software. software penampil iklan) sesuai dengan keinginan pengguna komputer dimana setiap kali iklan tampil di komputer korbannya akan memberikan keuntungan finansial langsung bagi pembuat adware ini (pay per click).

Setelah hal ini diberangus, kemudian beredar rogue antivirus (antivirus palsu) yang merupakan metamorfisis adware yang awalnya mengharapkan keuntungan finansial dari pemasang iklan saat tampil di komputer korbannya, karena banyaknya ad-blocker maka ia berkembang menjadi rogue antivirus yang jika berhasil aktif di komputer korbannya ia akan menakuti korbannya dengan menampilkan pesan palsu seakan-akan komputer korbannya terinfeksi oleh banyak sekali malware berbahaya dan pesan dirancang sedemikian rupa untuk mengganggu dan hanya bisa dibersihkan jika membeli aplikasi antivirus pada link yang disediakan.

Ada ada saja yah sob? hehe,, daripada kayak gitu mending cari uang yang halal aja Disini


tag: Perbedaan virus, Apa virus itu? Malware, Trojan, Worm, Perbedaan virus dengan trojan, perbedaan trojan dengan malware, Spyware, info unik, info menarik, info terbaru 2013.

0 Response to "Perbedaan Virus, Malware, Trojan, Worm, dan Spyware."

Post a Comment

Tolong Baca Peraturan Berkomentar Ini ! Agar komentar anda tak sia-sia.
Saya sangat menghargai komentar yang tidak mengandung spam :)

.::Peraturan Berkomentar::.


• Berkomentarlah Dengan Menggunakan Bahasa yang Sopan dan Tidak Menyinggung Pihak Manapun.

• Dilarang Berkomentar Dengan Kata-Kata yang Menyinggung RAS, SARA, dan berbau P*RNO.

• Jangan Meninggalkan Link Aktif di Kotak Komentar.

• Jangan Berkomentar Out of Topic Karena Akan Ditandai Sebagai SPAM !

• Gunakan OpenID untuk menggunakan profile name sebagai URL.

Terimakasih atas perhatiannya.