Friday, April 19, 2013

Jenis Komentar Spam Yang Membahayakan SEO

Hai sob, bagaimana kabar kalian? semoga sehat selalu. Kali ini saya akan menjelaskan tentang masalah komentar atau tanggapan di sebuah blog. Yang namanya komentar dalam sebuah blog tentu sebuah saran, kritik, ataupun tanggapan yang menjalin komunikasi antara administrator dengan pembaca. Sebuah komentar bisa mempengaruhi sebuah blog, mengapa? Karena jika sebuah blog berisi komentar yang hanya mengandung kata kata yang tak ada hubungannya dengan artikel tentu saja kesannya artikel itu hanya tempat sampah yang tak berbobot sama sekali.
Jadi apa saja sebenarnya yang dikategorikan sebagai komentar spam? berikut penjelasannya.

1. Komentar Berisi Link
Sebuah komentar yang berisi link tentu saja menambah jumlah link pada blog yang sebenarnya hal tersebut dapat menurunkan kualitas ranking blog. Link tersebut hanya bertujuan untuk mempromosikan situsnya ataupun produknya yang tentu saja tak ada hubungannya dengan artikel. Ada juga yang berkomentar hanya untuk mempromosikan artikel terbarunya.
Contohnya:


Hal tersebut bisa merusak blogger yang harusnya berkomunikasi malah menjadi promosi.

2. Menggunakan Link Sebagai Nama Pengguna
Menggunakan link sebagai nama pengguna secara tidak langsung mempromosikan blog dengan tujuan menambah trafik. Apalagi yang dikomentari adalah blog yang mempunyai rank yang bagus baik dari sisi Alexa Rank atau Google Pagerank. Para pemula blog biasanya sedang giat-giatnya mencari backlink untuk kepentingan blognya di situs-situs yang mempunyai PR yang baik.

3. Menggunakan Nama Produk Atau Artikel Sebagai Nama Pengguna
Sebuah produk tentu harus dipasarkan agar produk tersebut laku terjual. Tetapi cara memasarkan produk juga harus diperhatikan. Komentar yang berisi nama produk tentu sangat merugikan blogger karena komentar tersebut tak ada hubungannya dengan konten. Bahkan dalam beberapa kasus yang saya baca di konten yang saya cari di google, ada blog yang mati hanya karena komentar spam. Menggunakan judul artikel juga dianggap sebagai spam. Hal diatas tak sesuai dengan Tata cara berkomentar yang benar.
Contoh:


4. Komentar Out Of Topic
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Komentar yang berisikian kata-kata "Nice gan, Lanjutkan, Mantap artikelnya masbro, Keren gan" Tentu saja tak ada kaitannya dengan konten. Terkecuali komentar seperti "Sepertinya Alexa memang memandang blog dari sisi konten, dan Google menilai dari Jumlah visitor, Jadi kesimpulannya, dua-duanya harus dibangun untuk mencapai ranking yang bagus. Bagaimana pendapat anda tentang hal ini? Nice gan infonya"
Jika kata-kata seperti itu dan memang artikelnya sedang membicarakan hal tersebut, walaupun ada embel-embel dibelakangnya seperti yang dicetak tebal dan digaris bawahi diatas, hal tersebut tak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah komentar yang hanya menuliskan dua atau tiga kata tak jelas.


Itulah jenis spam comment yang bisa membahayakan dari sisi SEO untuk blog sobat. Sebenarnya hal-hal tersebut condong ke arah promosi dan sekedar mampir untuk keuntungan pribadi. Jadi, mauakah blog anda dispam oleh para spammer yang tak jelas? Langsung basmi komentar spam sekarang juga ! Semoga membantu :)


tag: Apa saja jenis spam komentar, Jenis-jenis Komentar spam yang harus dihindari, Jenis komentar yang berbahaya, Komentar spam membahayakan, Spam Comment sangat berbahaya untuk blog, Bagaiamana pengaruh komentar spam?. Komentar Blog Spam.
Load disqus comments

13 komentar