Tuesday, May 14, 2013

Cara Menghindari Masuknya Virus Dengan Mematikan Autorun

Hai sob, bagaimana kabar kalian? Kali ini saya akan membagikan sebuah informasi tentang bagaimana cara menghindari masuknya virus ke komputer dengan mematikan fitur autorun. Fitur Autorun biasanya berjalan sendiri (Auto) tanpa seizin pemilik PC. Biasanya autorun disimpan di flashdisk atau modem dengan nama Autorun. Fitur ini sebenarnya bertujuan baik, namun disalahgunakan oleh para pembuat virus untuk menyisipkan virus ke komputer.

Jadi, bagaimana cara menghindarinya ?. Caranya mudah, karena fitur ini dapat di-disable-kan. Berikut caranya

1. Klik Start > Run atau memakai shortcut Windows + R

2. Ketikkan gpedit.msc lalu tekan enter.


3. Masuk ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Autoplay Policies. Lalu pilih Turn off Autoplay.


4. Pilih option "enabled" untuk mematikan Autorun. Pilih All Drives untuk mematikan autorun di semua storage di PC sobat. Dan pilih CD-ROM and removable media drives untuk hanya mematikan autorun di CD ROM dan Flashdisk. Setelah selesai, klik OK.

Begitu cara mematikan fitur autoplay/autorun untuk menghindari virus berjalan otomatis di komputer sobat. Intinya hati-hati dalam beraktifitas terutama download file dari internet. Karena sekarang banyak yang menipu dengan modus file word, video, atau musik. Padahal setelah di chek file tersebut berformat .exe yang kemungkinan besar itu virus. Atau ingin lebih simpel lagi, Download saja Antivirus yang handal seperti Avast! Internet Security. (Lihat: Download Avast! Internet Security 8 Full License).

Semoga bermanfaat :D

tag: Cara menghindari virus berbahaya, cara mematikan autoplay, cara mematikan autorun di komputer, cara membasmi virus, tip menghindari serangan virus, cara mematikan autorun untuk menghindari virus, cara menghindari virus komputer.
Load disqus comments

1 komentar: