Saturday, May 10, 2014

Cara Membuat Daya Baterai Android Lebih Hemat

Hai sob, bagaimana kabarmu? kali ini saya akan membagikan tips bagi sobat pengguna android. Memang di saat sekarang ini, smartphone berbasis android sedang gencar-gencarnya dicari. Dengan segudang kegunaan yang banyak dibutuhkan, android menjadi idaman banyak orang saat ini. Banyak aplikasi yang dibutuhkan dan di install di android. Tetapi, bagaimana jika semua aplikasi tersebut tak bisa dijalankan karena baterai cepat habis?.
Memang saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba menunjukkan performa baterai yang mumpuni. Tetapi apa salahnya kita mengetahui cara menghemat baterai andorid kita agar waktu pakai lebih lama lagi.

          Berikut ini beberapa tips untuk menghemat baterai android sobat.

1. Matikan Aplikasi Tak Terpakai


          Banyak dari kita yang tak menyadari ada fitur yang tak digunakan tetapi tetap berjalan di belakang layar. Hal itu membuat daya baterai terkuras walaupun kita tak menggunakannya. Cara mengetahui dan mematikannya. Pakailah widget pengatur aplikasi di home screen. Jika ada aplikasi yang masih berjalan, akan terdetekesi dan bisa langsung sobat matikan.


2. Minimalisir Kerja Sistem


          Sistem android yang sering kita pakai seperti bluetooth, GPS, WiFi, jaringan data, seharusnya kita matikan jika sudah selesai digunakan ataupun jika smartphone sobat sedang tidak digunakan. Banyak dari kita lupa mematikan ketika sudah selesai menggunakannya. Cara ini bisa menghemat daya baterai android kita.

3. Pengaturan Layar


          Kecerahan layar sangat berpengaruh. Gunakan kecerahan < 30% pada ruangan gelap, dan 80% - 90% pada keadaan di luar ruangan yang cerah. Selain itu, atur juga interval waktu habis layar < 15 detik. Itu bisa membuat baterai tidak cepat habis.

4. Gunakan Battery Saver


          Jika anda sudah melakukan tiga hal diatas dan ingin membuat baterai lebih hemat lagi, gunakan aplikasi penghemat baterai atai battery saver. Banyak aplikasi battery saver yang disediakan di Playstore. Namun, saya sarankan sobat memakai salah satu aplikasi di bawah ini.
Aplikasi diatas adalah aplikasi manajemen baterai yang sudah saya coba dan terbukti menghemat daya baterai pada android.

Itu adalah beberapa cara untuk membuat andorid sobat lebih hemat baterai. Semoga bermanfaat :)

tag: tips menghemat daya baterai android, cara membuat baterai lebih hemat, cara ampuh menghemat baterai, cara mengatasi android cepat boros, mengapa android cepat boros?, tips mengatasi borosnya android, tips mengatasi android yang boros, baterai android cepat habis.

Load disqus comments

1 komentar: