Thursday, April 25, 2013

Cara Menanggulangi Komentar Spam Blog

Hai sob, Maaf selama 4 hari terakhir blog ini tidak mengupdate postingan karena 4 hari yang lalu sampai hari ini saya menghadapi ujian dan Alhamdulilah semuanya berjalan dengan lancar.
Baiklah sekarang saya akan mengupdate artikel tentang komentar spam yang katanya sih membahayakan untuk blog kita. Setelah sebelumnya saya menulis tentang "Jenis Komentar Spam Yang Membahayakan SEO". Kali ini saya akan membagikan cara untuk menanggulanginya. Ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan
yaitu:


1. Memasang Plugin Anti Spam
Plugin anti spam banyak tersedia di internet seperti, Akismet (untuk Wordpress), Defensio, atau Bed Behavior. Plugin diatas menyediakan fasilitas analisa komentar, memberi tingkatan spam, dan mengatur setting publikasi untuk dipublikasikan atau ditandai sebagai spam. Plugin seperti diatas sepertinya cukup membantu untuk mengatasi komentar spam yang masuk ke blog sobat.

2. Gunakan Aturan Nofollow Untuk Kotak Komentar
Komentar dofollow seringkali menjadi sasaran spammer dalam rangka mencari backlink. Cara menghindarinya yaitu dengan menjadikan kotak komentar menjadi nofollow. Karena komentar yang banyak meninggalkan link aktif kurang bagus untuk blog. Maka dari itu lebih baik anda mengubah kotak komentar menjadi nofollow (biasanya sudah nofollow dari template blogger itu sendiri).

3. Mengaktifkan Verifikasi Captcha.
Untuk menghindari spam bot yang sangat menggangu, aktifkanlah verifikasi captcha agar bot tak bisa berkomentar karena harus memasukkan kode captcha yang hanya bisa dilihat kodenya oleh manusia. cara mengaktifkannya mudah. Sobat masuk ke Blogger > Setelah > Pos dan Komentar > Cari Opsi "Tampilkan Verifikasi kata" lalu pilih Ya, dan simpan setelan.

4. Atifkan Moderasi Komentar
Cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menghindari komentar spam. Sobat bisa menilai sendiri bagaimana komentar spam itu. Cara ini memang cukup merepotkan jika komentator blog anda mencapai ratusan lebih. Sobat harus memilih untuk mempublikasikan komentar tersebut atau ditandai sebagai spam. Tetapi cara manual ini sangat ampuh menghindari spam komentar. Jika sobat belum mengetahui bagaimana komentar yang dianggap sebgai spam, Baca "Jenis Komentar Spam Yang Membahayakan".  Oiya, caranya Masuk Blogger > Setelan > Pos dan komentar > lalu cari opsi "Moderasi Komentar" dan pilih "Selalu". Email permintaan moderasi bisa dikosongkan > Simpan Template.


Itu adalah beberapa cara untuk menghindari komentar spam. Semoga bisa membantu :D

tag: Cara menanggulangi komentar spam, Cara menghindari spam komentar, cara menghindari komentar spam, cara memoderasi komentar, cara merubah kotak komentar menjai dofollow, cara mengaktifkan moderasi komentar, Tips menghindari komentar spam yang membahayakan.
Load disqus comments

1 komentar: