Jenis Komentar Spam Yang Membahayakan SEO

Hai sob, bagaimana kabar kalian? semoga sehat selalu. Kali ini saya akan menjelaskan tentang masalah komentar atau tanggapan di sebuah blog. Yang namanya komentar dalam sebuah blog tentu sebuah saran, kritik, ataupun tanggapan yang menjalin komunikasi antara administrator dengan pembaca. Sebuah komentar bisa mempengaruhi sebuah blog, mengapa? Karena jika sebuah blog berisi komentar yang hanya mengandung kata kata yang tak ada hubungannya dengan artikel tentu saja kesannya artikel itu hanya tempat sampah yang tak berbobot sama sekali.
Jadi apa saja sebenarnya yang dikategorikan sebagai komentar spam? berikut penjelasannya.

1. Komentar Berisi Link
Sebuah komentar yang berisi link tentu saja menambah jumlah link pada blog yang sebenarnya hal tersebut dapat menurunkan kualitas ranking blog. Link tersebut hanya bertujuan untuk mempromosikan situsnya ataupun produknya yang tentu saja tak ada hubungannya dengan artikel. Ada juga yang berkomentar hanya untuk mempromosikan artikel terbarunya.
Contohnya:


Hal tersebut bisa merusak blogger yang harusnya berkomunikasi malah menjadi promosi.

2. Menggunakan Link Sebagai Nama Pengguna
Menggunakan link sebagai nama pengguna secara tidak langsung mempromosikan blog dengan tujuan menambah trafik. Apalagi yang dikomentari adalah blog yang mempunyai rank yang bagus baik dari sisi Alexa Rank atau Google Pagerank. Para pemula blog biasanya sedang giat-giatnya mencari backlink untuk kepentingan blognya di situs-situs yang mempunyai PR yang baik.

3. Menggunakan Nama Produk Atau Artikel Sebagai Nama Pengguna
Sebuah produk tentu harus dipasarkan agar produk tersebut laku terjual. Tetapi cara memasarkan produk juga harus diperhatikan. Komentar yang berisi nama produk tentu sangat merugikan blogger karena komentar tersebut tak ada hubungannya dengan konten. Bahkan dalam beberapa kasus yang saya baca di konten yang saya cari di google, ada blog yang mati hanya karena komentar spam. Menggunakan judul artikel juga dianggap sebagai spam. Hal diatas tak sesuai dengan Tata cara berkomentar yang benar.
Contoh:


4. Komentar Out Of Topic
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Komentar yang berisikian kata-kata "Nice gan, Lanjutkan, Mantap artikelnya masbro, Keren gan" Tentu saja tak ada kaitannya dengan konten. Terkecuali komentar seperti "Sepertinya Alexa memang memandang blog dari sisi konten, dan Google menilai dari Jumlah visitor, Jadi kesimpulannya, dua-duanya harus dibangun untuk mencapai ranking yang bagus. Bagaimana pendapat anda tentang hal ini? Nice gan infonya"
Jika kata-kata seperti itu dan memang artikelnya sedang membicarakan hal tersebut, walaupun ada embel-embel dibelakangnya seperti yang dicetak tebal dan digaris bawahi diatas, hal tersebut tak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah komentar yang hanya menuliskan dua atau tiga kata tak jelas.


Itulah jenis spam comment yang bisa membahayakan dari sisi SEO untuk blog sobat. Sebenarnya hal-hal tersebut condong ke arah promosi dan sekedar mampir untuk keuntungan pribadi. Jadi, mauakah blog anda dispam oleh para spammer yang tak jelas? Langsung basmi komentar spam sekarang juga ! Semoga membantu :)


tag: Apa saja jenis spam komentar, Jenis-jenis Komentar spam yang harus dihindari, Jenis komentar yang berbahaya, Komentar spam membahayakan, Spam Comment sangat berbahaya untuk blog, Bagaiamana pengaruh komentar spam?. Komentar Blog Spam.

13 Responses to "Jenis Komentar Spam Yang Membahayakan SEO"

  1. Saya tidak setuju dengan point nomor 3. Menggunakan nama / produk / target keyword sebagai nama pengguna menurut saya bukan spam. Dengan memberi komentar, blog yang dikomentari akan tambah populer di search engine. Sudah selayaknya komentaor juga mendapat keuntungan dengan mendapatkan backlink sesuai target keyword yang di inginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat memang benar, tetapi ada blog-blog tertentu yang menyediakan tempat untuk berkomentar dengan tujuan si komentator mendapatkan backlink. Jadi tidak semua administrator blog menyetujui adanya nama pengguna yang menggunakan nama produk yang mengarah ke link blog komentator.

      terimakasih atas tanggapan sobat :)

      Delete
  2. Jika melihat tujuan dari ngeblog. Tidak lain adalah traffik, populeritas blog dan salaing menguntungkan antar blogger. Definisi spam menurut saya ideal-nya adalah, Link in comment dan out of topic. Yang lain sepertinya bukan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, mungkin itu intinya, dan lainnya tambahan dari saya pribadi :D

      Delete
  3. .. wachhhhhhh,, bener^ bahaya banget ya?!? dulu sich ada yg kayak gitu, namun,, kalo sekarang sich aq pake moderasi. jd lebih waspada aja dech. he..86x ..

    ReplyDelete
  4. Infonya Bagus bener nih..
    Di blog saya juga sering begitu semisal : terima kasih, Oke kunjungan malasm, Siang. Akhirnya saya ganti dengan komentar facebook..
    eh malah tidak ada yang komentar.. -_-

    Terima Kasih Banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, memang mereka kurang mengerti mungkin.

      masalah komentar facebook atau apapun, kalo artikel kita bagus, menarik, dan bermanfaat pasti komentar datang dengan sendirinya :D

      Delete
    2. benar benar pas banget nih infonya. tq ya... walaupun saya masih ada yang belum mengerti maksud kalimatnya. hehe... maklum, masih baru belajar online nih

      Delete
  5. wah terima kasih skrang saya jadi tau.. z g akan lagi menggunakan link untuk berkomentar

    ReplyDelete
  6. sering banget tuh terjadi yg nomor 4 di blog saya -_- saking OOT'nya sy jadi bingung.. mereka itu niatnya 'blogwalking' atau 'blogrunning' sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah menjadi makanan sehari-hari liat yang OOT :D

      Delete
  7. Memang Sangat Mengjengkelkan gan.tapi saya sudah pasangi script anti spam.jadi gk takut lagi deh

    ReplyDelete
  8. makasih gan atas pencerahannya. tapi masih butuh bberapa sumber lagi supaya lebih pasti, untuk agan ini nice artikel lah, sangat membantu dan bisa dijadikan referensi . salam blogger indonesia

    ReplyDelete

Tolong Baca Peraturan Berkomentar Ini ! Agar komentar anda tak sia-sia.
Saya sangat menghargai komentar yang tidak mengandung spam :)

.::Peraturan Berkomentar::.


• Berkomentarlah Dengan Menggunakan Bahasa yang Sopan dan Tidak Menyinggung Pihak Manapun.

• Dilarang Berkomentar Dengan Kata-Kata yang Menyinggung RAS, SARA, dan berbau P*RNO.

• Jangan Meninggalkan Link Aktif di Kotak Komentar.

• Jangan Berkomentar Out of Topic Karena Akan Ditandai Sebagai SPAM !

• Gunakan OpenID untuk menggunakan profile name sebagai URL.

Terimakasih atas perhatiannya.